Facebook Ads maupun Google Ads merupakan dua jenis sarana digital marketing yang banyak digunakan saat ini. Keduanya memiliki karakteristik yang berbeda dan dapat disesuaikan dengan target iklan. Namun antara Facebook Ads vs Google Ads, manakah yang lebih efektif untuk digunakan?
Google Ads adalah periklanan milik Google yang menampilkan iklan di hasil mesin pencarian ketika seseorang mengetikkan kata kunci tertentu. Kemudian meluas ke website-website yang mendaftar sebagai partner untuk menampilkan iklan. Kerjasama tersebut biasa disebut Google Adsense.
Sedangkan Facebook Ads adalah periklanan milik Facebook yang saat ini telah berganti nama menjadi Meta. Jangkauan iklannya tak kalah jauh dengan Google, karena Facebook Ads terhubung dengan Instagram Ads. Jadi ketika kita memasang iklan di Facebook, maka akan dapat ditampilkan pula di Instagram.
Lalu apa perbedaan dari Facebook Ads dengan Google Ads? Manakah yang lebih baik di antara keduanya?
Penargetan Facebook Ads vs Google Ads
Google Ads memiliki penargetan berdasarkan kata kunci. Iklan akan muncul ketika orang mengetikkan kata kunci tertentu di mesin pencarian. Sehingga iklan hanya muncul kepada orang-orang yang benar-benar membutuhkan produk yang sedang dipromosikan.
Iklan yang cocok menggunakan Google Ads biasanya adalah jasa. Karena ketika orang membutuhkan sebuah jasa, mereka akan mencarinya di Google. Contoh seperti jasa rental mobil, jasa sedot WC, jasa renovasi rumah, vendor souvenir promosi, dan sebagainya.
Penargetan Facebook Ads menggunakan database para pengguna. Sehingga lebih mudah dalam memilih target audiens dengan kriteria usia tertentu, jenis kelamin, dan lokasi. Jadi iklan ditampilkan kepada orang-orang yang relevan atau mempunyai ketertarikan dengan produk yang sedang diiklankan.
Produk yang cocok menggunakan Facebook Ads biasanya produk atau promo yang sangat menarik. Karena orang menggunakan Facebook sebenarnya bukan untuk berbelanja. Tetapi untuk bersosial dengan orang lain. Nah disela kegiatan itu, kita tawarkan sebuah penawaran yang menarik.
Keterlihatan Facebook Ads vs Google Ads
Facebook Ads akan menampilkan iklan ke seluruh pengguna yang sesuai dengan target iklan. Oleh karena itu penargetan iklan Facebook Ads harus benar-benar spesifik. Agar benar-benar ditampilkan hanya kepada orang-orang yang relevan dengan produk yang diiklankan.
Sedangkan iklan dalam Google Ads hanya tayang pada orang yang mengetikkan kata kunci yang sudah ditetapkan oleh pengiklan. Sehingga potensi klosingnya lebih tinggi daripada Facebook Ads.
Jaringan Penayangan Facebook Ads vs Google Ads
Google Ads memiliki jaringan yang lebih luas. Karena Google bekerja sama dengan website-website yang mendaftar sebagai partner periklanan. Selain itu masih banyak produk milik Google seperti Gmail, Youtube, Gmaps, hingga aplikasi. Namun kamu harus mengatur iklan dengan baik agar iklan yang tayang tidak sia-sia.
Facebook Ads masih menggunakan jaringan penayangan iklan milik sendiri yaitu Instagram dan Facebook itu sendiri. Namun mempunyai bentuk iklan yang lebih beragam. Hal ini akan lebih memudahkan dalam membuat iklan yang benar-benar efektif.
Apapun Pilihannya, Yang Penting Lakukan Riset
Apapun pilihannya, pastikan kamu melakukan riset terlebih dahulu. Tujuannya untuk mencari platform mana yang lebih banyak digunakan oleh target audiens. Kemudian fokuslah pada platform tersebut. Apalagi jika anggaran iklanmu terbatas.
Pemilihan platform yang hanya berdasarkan asumsi akan berpotensi menyebabkan kegagalan dalam beriklan. Karena iklan yang kamu pasang tidak menemukan target audiens yang tepat. Atau jumlahnya sangat sedikit sehingga margin yang dihasilkan tidak cukup untuk menutup biaya iklan.
Yuk cek instagram kami sekarang di @kidos.agency untuk interaksi lebih intens 🙂