Ada satu langkah penting sebelum membuat membuat artikel atau bahkan membangun sebuah blog atau website. Langkah tersebut adalah melakukan riset keyword. Oleh karena itu kamu perlu untuk mengetahui tips riset keyword agar dapat menemukan kata kunci yang potensial.
Mengapa harus melakukan riset keyword? Karena inilah cara supaya blog atau website yang kamu bangun ditemukan oleh orang. Dengan keyword yang tepat, maka website milikmu akan muncul setelah seseorang mengetikkan kata kunci di mesin pencarian.
Tanpa melakukan riset keyword, website akan sulit ditemukan. Bahkan bisa berakibat tidak muncul di mesin pencarian sama sekali.
7 Tips Riset Keyword untuk Temukan Kata Kunci yang Potensial
Begitu pentingnya keyword bagi perkembangan sebuah website, kamu perlu mengetahui beberapa tips agar menemukan keyword yang tepat.
- Tentukan Niche Yang Tepat
Sebelum menentukan niche, pilih target audiens dari website yang ingin kamu bangun. Kemudian apa yang ingin kamu bagikan kepada audiens tersebut. Usahakan hal tersebut adalah sesuatu yang sudah kamu kuasai, apalagi jika kamu sendiri yang menulis artikelnya.
Selanjutnya tentukan niche yang spesifik. Semakin spesifik akan semakin bagus. Agar website mempunyai ciri khas yang mudah diingat pengunjung. Sehingga akan berpotensi dia akan mengunjungi websitemu kembali.
- Melihat Volume Pencarian
Carilah keyword yang mempunyai volume pencarian. Hal tersebut berarti ada orang yang mengetikkan kata kunci tersebut di mesin pencarian. Karena akan percuma jika artikel yang kamu buat tidak ada yang membutuhkannya.
Jangan terlalu melihat tinggi rendahnya volume pencarian. Karena beberapa keyword yang volumenya justru itulah keyword yang potensial. Contohnya adalah buying keyword. Yaitu kata kunci yang dipakai ketika berniat untuk membeli sesuatu.
- Melihat Tingkat Kesulitan Keyword
Selain melihat volume pencarian, perhatikan juga tingkat kesulitannya. Karena meskipun volumenya tinggi tapi jika tingkat kesulitannya juga tinggi, maka akan sulit dalam bersaing.
Pilihlah volume pencarian yang sedang dengan tingkat kesulitan yang rendah. Sehingga tidak terlalu berat untuk bersaing di halaman pertama mesin pencarian.
- Gunakan Tools untuk Riset Keyword
Tips riset keyword yang keempat, kamu bisa menggunakan tools untuk mempermudah dalam mencari keyword yang tepat. Banyak sekali yang bisa kamu gunakan baik yang gratis maupun berbayar. Yang terpenting adalah kamu bisa menggunakannya untuk melihat volume pencarian dan tingkat kesulitan sebuah keyword.
Diantara tools yang paling sering digunakan adalah yang disediakan oleh Google sendiri yaitu Google Keyword Planner. Atau yang lainnya seperti Ubersuggest milik Neil Patel, Ahrefs, Semrush, dan lain-lain.
- Pelajari Keyword Dari Kompetitor
Selain itu kamu juga bisa melihat keyword yang digunakan oleh kompetitor. Carilah kata kunci yang sudah digunakan tapi belum maksimal. Atau kata kunci yang ternyata dapat mendatangkan banyak trafik.
Dengan begitu kamu akan mengetahui kelebihan dan kekurangan website dari segi penggunaan keyword. Sehingga kamu dapat mencari celah dalam membuat strategi SEO yang tepat.
- Membuat List Keyword
Setelah mendapatkan keyword, kumpulkan berdasarkan volume pencarian dan tingkat kesulitan. Kemudian prioritaskan keyword yang lebih potensial untuk digunakan terlebih dahulu.
Selanjutnya buatlah jadwal artikel dengan list keyword tadi. Sehingga kamu tidak akan kehabisan ide dalam membuat artikel website.
- Manfaatkan Google Related Search
Tips riset keyword yang terakhir, kamu bisa memanfaatkan Google Related Search. Yaitu kata kunci yang muncul ketika kita akan mengetikkan sesuatu di mesin pencarian.
Gunakan kata kunci tersebut untuk mendukung kata kunci yang sudah kamu kumpulkan. Agar artikel yang kamu buat akan muncul juga di mesin pencarian dengan beberapa kata kunci lainnya.
Follow Instagram kami di @kidos.agency untuk interaksi lebih intens dan update tips terbaru. 🙂