Hampir semua kegiatan di era digital membutuhkan email untuk berbagai kepentingan, salah satunya seperti verifikasi. Dengan fungsi penting email bagi manusia modern, membuat alat komunikasi ini memiliki nilai penting dalam kegiatan campaign atau promosi.
Bagi yang punya bisnis online, seperti usaha yang bergerak dibidang mode sebagai contohnya, dapat menggunakan email sebagai sarana digital marketing untuk bisnis fashion. Lalu bagaimana caranya agar email marketing ini membawa hasil yang menguntungkan? Simak tips berikut tentang cara melakukan email marketing untuk memaksimalkan campaign.
1. Menentukan Tujuan
Menentukan tujuan adalah langkah pertama yang harus dilakukan dalam melakukan email marketing untuk mendapatkan hasill yang efektif. Tentukan apa yang ingin dicapai dengan melakukan email campaign ini. Beberapa tujuan yang biasanya hendak dicapai dalam email marketing untuk campaign yang efektif antara lain.
- Menyambut pelanggan yang baru bergabung
- Mempertahankan hubungan baik dengan pelanggan lama
- Mengundang kembali pelanggan yang sudah lama tidak aktif
- Mencari tahu segmentasi pelanggan untuk membuat sasaran promosi yang tepat
2. Memilih Jenis Email yang Dikirim Secara Tepat
Jenis email yang digunakan sebagai sarana promosi juga beragam. Pada dasarnya, email marketing untuk tujuan campaign ini dibedakan menjadi dua kategori, untuk menjaga hubungan baik dengan pelanggan dan untuk menindaklanjuti administratif.
· Bertujuan Menjaga Hubungan Baik
Email marketing yang bertujuan menjaga hubungan baik bisa berupa Newsletter, Informasi Promo dan Discount, memperkenalkan produk baru. Jenis email ini akan cocok digunakan untuk bisnis yang berupa produk, misalnya sebagai sarana digital marketing untuk bisnis fashion.
· Bertujuan Menindaklanjuti Transaksi
Lalu untuk email yang berhubungan dengan administratif atau transaksional dengan pelanggan, biasanya berupa email konfirmasi pembelian atau pendaftaran, email sambutan selamat datang pada pelanggan baru, email konfirmasi untuk perubahan yang dilakukan oleh pelanggan. Tentunya, di dalam badan email ini juga disertakan berbagai campaign yang sedang dilakukan.
3. Merancang Konten Persuasif
Email marketing ini belum lengkap fungsinya sebagai campaign tanpa adanya konten yang menarik. Untuk membuat pelanggan bersedia membaca dan mempertimbangkan tawaran dalam campaign yang dikirimkan, tentunya diperlukan konten yang memiliki kekuatan persuasif.
Membuat konten dengan racikan yang punya kekuatan menarik minat tentunya perlu keahlian tersendiri. Bagi Anda yang belum memiliki kemampuan ini, sekarang bisa menggunakan jasa agency seperti kidos.agency. Konten yang tepat sasaran bisa diserahkan di tangan ahlinya dengan hasil yang lebih maksimal.
4. Membuat Desain Menarik
Selain konten yang menarik dan persuasif. Layout dan desain dari email marketing juga menentukan dalam pencapaian hasil maksimal. Hal pertama yang harus diperhatikan dalam desain adalah tertuju pada fokus utama, yakni pesan yang ingin disampaikan.
5. Merancang Tampilan Mobile Friendly
Ponsel kini sudah jadi bagian penting dalam kehidupan sehari-hari setiap orang. Banyak orang yang menyambungkan email ke smartphone pribadi agar lebih mudah menggunakannya dimanapun. Jadi sebaiknya rancang email campaign yang bisa diakses dengan baik lewat ponsel.
6. Memonitor Perkembangan Email Marketing
Monitor perkembangan dari email marketing campaign yang dijalankan. Catat setiap data perkembangan seperti jumlah klik, kunjungan ke website, atau transaksi pembelian yang dilakukan. Semua data ini akan berguna untuk evaluasi strategi email marketing yang dilakukan selanjutnya.
Penutup
Menilik dari tips yang disampaikan di atas, melakukan email marketing untuk memaksimalkan campaign bisa jadi cara yang bisa dipertimbangkan dalam mengembangkan bisnis. Cara ini juga bisa digunakan untuk bisnis pakaian dan aksesoris. Email campaign ini bisa jadi sarana digital marketing untuk bisnis fashion yang cukup efektif.
Kunjungi dan follow Instagram kami untuk update terbaru seputar tips dan trick digital marketing untuk mengembangkan bisnis Anda di @kidos.agency