Memanfaatkan keberadaan media sosial kini mulai digunakan oleh para pelaku usaha makanan sebagai strategi usaha mereka. Digital Marketing merupakan salah satu strategi usaha yang penting. Anda bisa mengetahui target pasar sekaligus target pasar bisa mengetahui bisnis kuliner anda. Sekali menyelam dua tiga pulau terlampaui kan!
Jangan salah paham dulu, tidak hanya sekadar aktif di media sosial seperti Facebook, Twitter, hingga Instagram, perlu dipastikan juga bahwa konten yang dibagikan di akun media sosial pun benar-benar mampu menarik minat dan perhatian masyarakat. Jangan lupa gunakan juga jasa digital marketing yang akan sangat membantu anda. Semakin menarik konten pada sosial media yang dibuat, akan semakin banyak pula jumlah peminat yang ingin mengetahui lebih lanjut tentang usaha tersebut dan menggunakan atau menikmati produk usaha kuliner anda.
Membuat konten menarik untuk dibagikan di akun media sosial bukanlah hal yang mudah. Konten anda harus berisi dan bisa menarik para konsumen baru anda. Kami memiliki beberapa kiat-kiat untuk akun sosial media anda.
1. Perkenalkan Produk dan Isi dari Menu Usaha Kuliner Anda
Perkenalkan produk kuliner anda pada media sosial anda. Cara memperkenalkannya ada bermacam-macam. Bisa dengan membuat post yang bagus dan caption yang berisi. Bisa juga dengan menyewa seleb atau pakar kuliner yang akan mereview produk anda. Tujuan dari kegiatan ini agar masyarakat mengetahui apa yang anda tawarkan serta tertarik dengan menu dan produk yang anda jual.
Pemberian gambar dengan foto yang menarik dari tiap menu atau produk, memberi deskripsi yang menarik tentang menu atau produk kuliner anda, serta memastikan menu tersebut untuk porsi berapa orang. Jangan lupa memberikan informasi harga anda. Buatlah harga yang menarik konsumen. Harga disini bisa menjadi titik untuk bersaing dengan para competitor anda, jadi jangan main-main dalam membentuk harga.
2. Tentukan Menu yang Terbaik pada Usaha Kuliner Anda
Perkenalkan menu atau produk yang paling laris terjual atau menu yang menjadi signature di usaha makanan anda. Orang-orang akan lebih tertarik untuk mencoba membeli menu maupun produk yang dijual tersebut karena yakin akan kualitasnya sebagai menu unggulan. Produk unggulan ini juga bisa menjadi sarana pemasaran anda, orang akan mengenal dan memberitahukannya kepada masyarakat luas. Buatlah menu signatur dengan nama yang menarik, inovatif pada tampilannya, dan rasa yang paling enak atau khas.
3. Tunjukkan Karyawan anda Bahagia bekerja di Usaha Kuliner Anda
Karyawan yang anda tarik harus bisa melakukan jobdesknya dengan senang hati. Senyuman dari para karyawan ketika di posting di media sosial bisa menjadi daya tarik dari para konsumen. Foto-foto tersebut bisa berupa kegiatan memasak di dapur, keceriaan para karyawan saat bekerja maupun istirahat, foto para karyawan yang sedang bergaya, foto karyawan yang goodlooking dan bahagia, dan lain sebagainya.
4. Berikan Postingan tentang Promo yang Ada di Usaha Kuliner Anda
Konten yang berisikan promo maupun diskon menarik dari tempat usaha anda adalah cara yang menarik. Pemberian hadiah pada konsumen akan bisa membangkitkan semangat konsumtif para pelanggan. Dengan memberikan diskon dan promo gratis anda bisa menarik para follower atau pengikut akun media sosial anda untuk mengikuti akun tersebut media sosial usaha anda serta memberikan iklan gratis kepada relasi-relasi konsumen anda.
5. Posting Momen Bahagia Konsumen di Usaha Kuliner Anda
Momen kebahagiaan pelanggan adalah hal yang harus dibagikan pada akun media sosial kuliner anda. Jangan lupa meminta izin kepada pelanggan untuk mengambil foto. Bisa juga anda meminta untuk para pelanggan sharing momen kebahagiaan mereka di media sosial masing-masing dengan tag media sosial usaha anda. Itu adalah cara iklan gratis dari para konsumen setia anda.
6. Posting Agenda Kegiatan Sosial
Buatlah acara sosial dari usaha kuliner anda. Memberi makan para korban bencana, memberi bantuan yang terkena dampak pengurangan pegawai karena Covid 19, dan kegiatan membantu orang yang positif covid namun tidak mampu dengan cara mengantar makanan setiap pagi. Kegiatan sosial yang dilaksanakan usaha kuliner anda bisa menginspirasi para pengikut akun media sosial anda untuk ikut terlibat dalam kegiatan sosial juga. Jika anda ingin membuat rancangan digital marketing produk anda, kunjungi instagram kidos.agency.