5 Jenis Iklan Online Efektif yang Bisa Diterapkan untuk Tarik Konsumen

5 Jenis Iklan Online Efektif yang Bisa Diterapkan untuk Tarik Konsumen

Iklan online merupakan iklan yang penyampaiannya menggunakan internet. Media yang dipakai berupa teks, gambar, atau video yang ditampilkan melalui komputer dan perangkat mobile. Dan seiring berkembangnya teknologi, jenis iklan pun muncul bermacam-macam bentuknya. 

Dan saat ini banyak pelaku bisnis lebih memilih untuk menggunakan iklan online daripada iklan offline. Karena dinilai lebih efektif dan efisien dalam menarik audiens.

Selain itu dengan iklan online kita dapat mengatur siapa saja yang menjadi target iklan, menentukan besar biaya, serta memperbaiki atau menghentikan iklan sewaktu-waktu. Dan semua itu bisa kita lakukan tanpa harus keluar rumah.

5 Jenis Iklan Online Efektif

Terdapat beragam jenis iklan online yang bisa kamu pakai untuk menarik konsumen. Setiap iklan tersebut mempunyai kelebihan dan kekurangan nya masing-masing.

  1. Direct Advertising

Sebuah iklan yang biasa kita lihat di dalam sebuah blog atau website. Biasanya berupa teks atau gambar yang muncul di beberapa sudut website. Namun ada juga beberapa yang berbentuk video yang muncul di sidebar berbentuk pop up.

Kamu bisa menggunakan iklan seperti ini dengan cara menghubungi pemilik website atau agen advertising yang mempunyai jaringan website. Sesuaikan dengan kriteria pengunjung website dengan target market. Karena setiap website mempunyai tipe pengunjung yang berbeda-beda.

Kelebihan dari Direct Advertising adalah kita bisa menentukan posisi iklan yang kita inginkan. Dan bisa memilih website-website yang mempunyai trafik yang tinggi. Sedangkan kekurangannya, iklan yang tampil sesuai dengan kontrak iklan. Biasanya semakin besar ukuran iklan, semakin besar pula tarifnya.

  1. Self-service Advertising

Penempatan jenis iklan ini ditentukan sendiri oleh pihak pengiklan. Pemasang iklan hanya menyiapkan materi iklannya. Kemudian pengiklan hanya akan menampilkan kepada orang-orang tertentu saja yang telah ditentukan.

Contohnya bisa kita lihat pada Google Adword. Dimana iklan hanya tampil di halaman-halaman tertentu saja. Yaitu ketika seseorang mengetikkan sebuah kata kunci dalam mesin pencarian. Berbeda kata kunci yang dimasukkan, maka berbeda pula iklan yang akan ditampilkan.

Kelebihan Self-service Advertising adalah selain kita bisa mengatur isi konten dan letak iklannya, biaya yang kita bayar hanya iklan yang muncul atau iklan yang mendapat klik. Kekurangannya, kita harus mencari sendiri kata kunci yang tepat.

Dan beberapa kata kunci juga memiliki persaingan yang cukup tinggi karena digunakan juga oleh pengiklan lain. Jadi semakin kata kunci tersebut semakin banyak yang menggunakan, maka tarifnya akan semakin tinggi.

  1. Social Advertising

Sesuai namanya, iklan ini adalah iklan yang memanfaatkan jaringan sosial. Dimana kita dapat memilih target yang sesuai dengan informasi sosial seperti minat atau ketertarikan. Contohnya adalah facebook ads.

Kelebihan dari iklan jeni ini, kita dapat menargetkan orang-orang dengan minat atau ketertarikan tertentu. Misalnya ketika kita memasang iklan untuk produk kaos sepak bola, maka kita dapat mengatur iklan supaya hanya ditampilkan kepada orang-orang yang mempunyai minat terhadap sepak bola.

Kekurangannya iklan ini membutuhkan budget yang besar di awal karena untuk tes iklan dan mengumpulkan database yang besar.

  1. Email Marketing

Tahukah kamu bahwa kita juga bisa memasang iklan ke dalam sebuah email. Iklan ini sangat efektif untuk produk yang membutuhkan edukasi khusus. Agar audiens mengetahui keunggulan-keunggulan suatu produk.

Kelebihan email marketing adalah selain biaya yang lebih murah, juga lebih bersifat personal. Sehingga audiens merasa istimewa. Kekurangannya kita harus menyiapkan materi yang benar-benar bagus agar orang tertarik untuk membuka iklan email.

  1. Video Marketing

Jenis iklan ini menggunakan video sebagai sarana penyampaiannya. Dan saat ini banyak digunakan oleh pelaku bisnis karena saat ini orang lebih suka menonton sebuah video.

Kelebihannya kita dapat menyampaikan iklan lebih jelas. Sedangkan kekurangannya adalah membutuhkan biaya tersediri untuk membuat materi iklan berupa video.

Bagaimana? Sudah dapat insight menarik? Kunjungi instagram kami di @kidos.agency untuk lebih tahu tips digital marketing seru lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *