Saat ini pengguna facebook di Indonesia telah mencapai 140 juta pengguna di tahun 2020. Itu berarti kamu dapat memanfaatkan facebook sebagai sara untuk pemasaran. Karena dapat menjangkau setengah lebih dari total jumlah penduduk di Indonesia. Namun apakah kamu sudah tahu cara pasang iklan di facebook agar mendapatkan hasil yang maksimal?
Selain banyaknya pengguna, facebook juga menawarkan data audiens yang sangat lengkap. Kita bisa memilih target audiens berdasarkan usia dan jenis kelamin. Masih ditambah lagi dengan pemilihan lokasi, minat dan hobi. Hal ini akan membantu dalam menentukan target audiens secara spesifik.
5 Cara Pasang Iklan Di Facebook
Namun agar iklan yang kamu jalankan mendapatkan hasil yang maksimal, kamu bisa simak cara-cara berikut ini.
- Tujuan Iklan
Facebook menyediakan beberapa jenis iklan atau lebih dikenal dengan objektif iklan yaitu Awareness, Consideration, dan Conversion. Masing-masing dari jenis iklan tersebut mempunyai tujuan yang berbeda. Sesuaikan dengan apa yang ingin kamu capai dari memasang iklan.
Gunakan Awareness jika ingin mempromosikan suatu brand atau produk agar diketahui oleh banyak orang. Objektif iklan ini akan menampilkan iklan seluas-luasnya. Sehingga kesuksesannya dapat diukur dari tingginya jangkauan iklan tersebut.
Consideration memiliki sub objektif seperti Traffic, Engagement, App Install, Video Views, Lead Generation, dan Messages. Perbedaan iklan tersebut dapat dilihat dari goal yang ingin dicapai.
Dan Conversion yang bertujuan untuk mendapatkan konversi, transaksi, atau penjualan. Biasanya digunakan untuk landing page, sebuah katalog, dan untuk meningkat kunjungan.
- Materi Iklan
Pilih jenis materi iklan yang sesuai dengan goal dari iklan. Facebook memberikan beberapa pilihan seperti Photo Ad, Video Ad, Slideshow, Carousel, Instant Experience, dan koleksi.
Gunakan salah satu yang paling cocok dengan produk yang akan diiklankan. Atau kamu juga bisa menggabungkan beberapa jenis materi iklan.
Yang paling mudah adalah menggunakan Photo Ad. Cukup unggah photo kemudian berikan deskripsi yang menarik dan tombol CTA (Call To Action) sesuai dengan goal yang ingin dicapai.
- Penempatan Iklan
Pilih penempatan iklan yang tepat agar mudah dilihat oleh pengguna. Beberapa penempatan yang bisa kamu pilih diantaranya di news feed desktop atau mobile, kolom sebelah kanan, Audience Network, Artikel Instan, dan Instagram.
Namun ada beberapa jenis iklan yang tidak dapat dipasang di semua tempat. Karena mungkin kurang layak untuk sasaran iklan tersebut.
- Target Audiens
Cara pasang iklan di facebook yang keempat ini adalah untuk menentukan kepada siapa iklan akan ditampilkan. Untuk itu kamu harus jeli dalam menemukan target audiens yang benar-benar cocok dengan produk yang sedang kamu iklankan.
Misalkan kamu mengiklankan produk hijab, tentu penargetannya adalah kepada wanita muslim yang berusia paling tidak 24 tahun ke atas. Atau yang bisa diperkirakan mampu melakukan transaksi online jika kamu hanya menyediakan pemesanan via online saja.
Selain itu, kamu juga bisa menentukan di lokasi mana saja iklan akan muncul. Pastikan lokasi tersebut adalah lokasi yang dapat kamu jangkau atau bisa kamu layani.
- Anggaran dan Jadwal Iklan
Salah satu keunggulan iklan facebook adalah kita bisa mengatur sendiri kapan iklan akan tayang. Sehingga iklan akan bekerja secara lebih optimal berdasarkan anggaran iklan.
Jika anggaran iklan yang kamu miliki 200 ribu, maka bisa kamu atur iklan akan tayang selama 10 hari. Dengan rincian anggaran 20 ribu per hari. Sehingga anggaran bisa lebih maksimal.
Tertarik dengan layanan kami? Kunjungi instagram kami, klik @kidos.agency untuk lihat layanan lainnya.